Cara Menguasai Matematika Versiku

Kemampuan yang kita miliki saat ini tidak didapat secara cuma-cuma melainkan hasil dari kerja keras dan latihan. Selain itu pantang menyerah menjadi faktor utama dalam mengusai satu hal. Ini berlaku untuk semua bidang seperti pelajaran sekolah, olahraga, dan memasak. Ingat di dunia ini tidak ada yang instan, bahkan mie instan sekalipun harus dimasak sebelum dikonsumsi.

Bagaimana dengan matematika? Apakah untuk menguasai mata pelajaran yang satu ini butuh latihan juga? Jawabannya jelas membutuhkan latihan, menurutku pada dasarnya semua mata pelajaran itu sulit namun akan menjadi mudah jika kita giat belajar. Sungguh tidak adil jika hanya matematika saja yang menjadi mata pelajaran tersulit sedangkan yang lain tidak.

Selama bergelut dengan matematika, setidaknya aku menemukan beberapa cara untuk terbiasa dengan mata pelajaran yang satu ini. Cukup mudah sebenarnya namun membutuhkan konsistensi dalam mempelajarinya karena sekali saja merasa malas bisa-bisa buyar dan lupa dengan apa yang sudah dipelajari selama ini.

1. Menciptakan suasana yang tenang untuk belajar
Matematika membutuhkan konsentrasi tinggi untuk belajar sehingga membutuhkan suasana tenang agar lebih mudah fokus. Selain itu bisa membuat hati jadi tenang dalam belajar dan tidak akan terburu-buru dalam memahami satu materi. Jujur dengan belajar terburu-buru menyebabkan kita fokus menghafal rumus, bukan untuk memahami konsep materi tersebut. 

Jauhkan smartphone dari jangkauan kita supaya tidak mudah terdistraksi. Musuh utama saat ini itu adalah smartphone, sekalinya notifikasi muncul dan kita tergoda untuk membukanya yang menyebabkan kita lupa akan dunia sehingga pekerjaan apapun terbengkalai. 

Menggunakan Teknik Pomodoro bisa menjadi salah satu alternatif dalam membatu kita lebih mudah konsentrasi. Jeda waktu yang tersedia juga membuat kita bisa istirahat sebentar ketika belajar karena jika dipaksa terus-menerus yang ada malah pusing sendiri.

2. Mengerjakan latihan dari yang sulit hingga yang mudah
Layaknya latihan angkat beban, tentu untuk pertama kali akan dimulai dari beban yang paling ringan. Jika sudah mampu maka akan lanjut ke beban yang lebih berat. Tujuannya untuk membiasakn diri terhadap berat beban yang diangkat dan tidak kaget ketika mencoba.

Hal tersebut sama halnya dengan mempelajari matematika, dimulai dari mengerjakan soal yang mudah dulu baru yang sulit supaya terbiasa dengan variasi soal yang diberikan. Sebenarnya kalau mau langsung yang susah juga tidak masalah asalkan memang merasa mampu, tapi apa yakin kuat? Yang mudah saja masih banyak yang mengeluh, apalagi yang susah.

3. Jangan pernah takut salah
Gagal dalam latihan itu wajar, namanya juga berlatih ada kalanya kita akan melakukan kesalahan. Sama halnya dengan mengerjakan soal matematika, pasti pernah salah entah jawabannya yang salah atau caranya yang salah. 

Jangan jadikan takut salah menjadi alasan untuk tidak mempelajari materi yang dipelajari atau buruknya menjadi alasan untuk tidak belajar matematika. Kalau seperti itu sama saja dengan maunya hidup enak terus tapi tidak mau sengsara, kapan mau berkembangnya kalau masih takut akan kegagalan? 

Manfaat ketika salah dalam mengerjakan soal adalah kita bisa tahu kira-kira di mana dan mengapa kesalahan itu bisa terjadi sehingga kita akan lebih mudah paham. Yaa layaknya pepatah mengatakan "Pengalaman adalah guru terbaik".

4. Pahami konsepnya, jangan dihafal
Ini adalah salah satu kunci untuk menaklukan matematika karena akan berguna ketika mempelajari materi yang lainnya, dengan kata lain adalah adanya kesinambungan dengan satu materi dengan materi lainnya. Perbanyak referensi buku menjadi salah satu cara untuk memahami konsep karena terkadanga satu buku dengan buku yang lain menjelaskan satu materi tersebut dengan cara yang berbeda.

Jika kesulitan mencari buku referensi, di internet banyak sekali bisa kita temukan tentunya jangan buku bajakan yaa. Selain itu bisa juga cek di YouTube, di sana banyak juga video yang mengajarkan matematika. Itu semua tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkannya. 

Akhir kata matematika tidak sepantasnya menjadi mata pelajaran yang paling ditakuti hanya karena berisi angka dan huruf yang tidak jelas. Sejatinya semua mata pelajaran itu memiliki kesulitan yang sama namun terlihat berbeda, tinggal bagaimana kitanya bisa mencari tahu cara mudah untuk mempelajarinya dan berani konsisten dalam memahaminya. Kalau kalian sendiri bagaimana caranya?

2 komentar

  1. aku bukannya takut matematika sih, cuma males saja hiting²an 😆. Dulu paling lemah pelajaran inipas di sekolah.walhasil kadang mengerjakannya tanya teman, kalau kepepet ya nyontek,heee

    BalasHapus
  2. Bener setuju sih, pahami konsepnya jangan dihapal. Itu works banget untuk semua pelajaran bukan hanya matematika

    BalasHapus