Daya Tarik Matematika

"Kamu kenapa senang belajar matematika?"
"Karena seru aja menghitung."
"Yaaa, selain itu apa lagi?"

Pertanyaan seperti itu memang sering aku temukan ketika berbicara dengan orang atau sering melihat di media sosial. Ya, semua orang memiliki mata pelajaran kesukaannya masing-masing bukan? Dan terkadang memiliki alasan tersendiri yang menurut kita itu aneh bahkan tidak masuk akal. Akan tetapi, semua mata pelajaran itu sebenarnya menyenangkan kok asalkan kita suka dahulu dengan mata pelajaran tersebut. 

Sayangnya hal tersebut tidak berlaku untuk mata pelajaran yang satu ini, tak lain dan tak bukan adalah matematika, orang awam langsung mengangggap bahwa matematika itu tidak menyenangkan sama sekali karena penuh dengan hitungan. Tidak salah sih tetapi menurutku itu lucu hanya karena penuh dengan hitungan orang-orang langsung menyimpulkan bahwa matematika itu tidak menyenangkan. Kasihan mata pelajaran seperti fisika dan kimia yang ternyata juga ada hitungan sehingga mereka terkena dampaknya. 

Melalui tulisan ini akan kucoba jelaskan kenapa matematika itu seru dan menyenangkan. Siapa tahu teman-teman yang membaca bisa jadi ikutan tertarik dengan matematika, karena jujur matematika itu tidak kalah seru kok dibanding mata pelajaran lainnya. Namun, aku ingin kalian ingat-ingat hal ini di dalam pikiran bahawa matematika itu asyik dan semua alasan yang kutulis ini berasal dari pengalamanku ketika belajar matematika. 

1. Tidak penuh dengan kata-kata 

Tidak seperti mata pelajaran lainnya, matematika berisi dengan angka dan kata-kata. Maksudnya adalah bahwa matematika itu bukan tentang menghafal melainkan memahami suatu konsep yang dipelajari. Kata-kata dalam matematika hanya sebagai penjelas pada suatu rumus atau tanda, faktanya matematika memiliki notasi sendiri contohnya seperti tanda  ">" yang dibaca lebih dari, sehingga lebih mudah dan hemat kata bukan? 

Dengan hal tersebut kita dituntut tak hanya sekedar hafal dan tahu saja tetapi juga memahaminya, karena matematika itu memiliki banyak persoalan dari yang mudah hingga yang sulit tetapi memiliki penyelesaian yang sama. Akan sangat menguntungkan jika kita paham apa inti masalahnya dibanding menghafal satu penyelesaian untuk satu masalah yang menurutku tidak efektif.

2. Soal yang bervariasi

Kita tahu bahwa matematika itu berfokus pada pemahaman konsep seperti yang sudah kujelaskan di atas, maka dari itu diperlukan latihan soal untuk menguji sejauh mana kita paham akan materi yang sudah dipelajari. Oleh karena itu matematika memiliki beragam bentuk soal mulai dari yang mudah sampai yang sulit walaupun cara pengerjaannya sama. 

Banyaknya variasi soal menurutku membuat matematika menjadi lebih menarik untuk dipelajari layaknya kita bermain game yang awalnya mudah lama-lama menjadi sulit. Tentunya akan semakin menantang dan seru yang membuat kita terus berusaha untuk menyelesaikan soal yang ada. Beragam variasi juga membuat kita belajar matematika tidak terlalu monoton sehingga tidak mudah cepat bosan.

3. Matematika itu ilmu pasti

Matematika pasti memiliki satu jawaban yang benar mau bagaimanapun bentuk soalnya. Dengan kata lain jawaban yang diberikan itu pasti atau mutlak sehingga tidak mungkin memiliki jawaban yang lainnya. Tidak usah jauh-jauh, hasil dari satu tambah satu saja hasilnya sudah pasti dua tidak mungkin tiga apalagi empat. 

Hal ini memang bisa menjadi kesulitan tersendiri bagi siapapun yang mengerjakan soal matematika terutama jika soalnya dalam bentuk pilihan ganda. Jawaban satu pilihan dengan pilihannya lainnya terkadang mendekati bahkan ada yang berbeda jauh, ditambah ketika sudah ketemu jawabannya eh ternyata tidak ada di pilihan. Sedih pasti rasanya.

4. Banyak referensi di internet

Internet benar-benar membantu kita dalam mencari informasi sekalipun informasi tersebut sudah lama muncul. Selain itu, banyak materi pelajaran yang bisa kita cari dengan mudah seperti matematika. Di antara semua mata pelajaran yang pernah aku cari di internet matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang gampang dicar. Cukup tulis satu kata kunci saja langsung banyak sumber yang bermunculan sehingga memudahkan kita untuk memahami matematika.

Banyak juga video pembelajaran matematika yang disajikan mulai dari penjelasan yang simpel hingga yang detail sekalipun juga ada. Hal ini mungkin disebabkan banyaknya manfaat matematika di sekitar kita yang memaksa kita untuk mempelajarinya dan ya banyak orang yang membagikan ilmu tentang matematika di internet. Ilmu itu tidak boleh kita keep sendiri, melainkan harus kita sebarkan karena siapa tahu bermanfaat untuk orang lain. 

Dengan ini mungkin para pembaca bisa sedikit merubah perspektifnya tentang matematika yang awalnya sangat sulit menjadi lumayan sulit. Matematika tidak seseram itu kok, kuncinya memang harus mau belajar saja. Selain itu banyak kok manfaat yang bisa kita rasakan salah satunya berpikir lebih logis. Oleh sebab itu, yuk buka lagi buku matematikanya!

3 komentar

  1. Yuyurly, mayan agak nyesel juga sih ya waktu itu lebih pusing mikirin menghafal rumus, padahal yang dibutuhin justru pemahaman kita terhadap persoalan si rumus ini. Katanya sih, matematika ini dekat dengan 'penyelesaian masalah'. Gamblangnya,masalah diselesaikan harus dengan cara memahami wkwk jadi nyambung ke aspek kehidupan dung wkwk

    Sebenernya balik lagi ke minat masing-masing orang terhadap suatu pelajaran, ya. Tapi orang-orang 8termasuk aku) ga langsung judge bahwa matematika itu susah. Sementara kita ga mau memahaminya. Padahal semua mapel kan butuh pemahaman, ya, menghafal aja butuh pemahaman. Xixi

    BalasHapus
  2. Iya sih, emang secara pemikiran orang saja yang menganggap bahwa matematika itu sudah. Tapi PD kenyataannya otak sy lemah kalau soal angka 🤣, cenderung ke kemampuan berbahasa yang lebih menonjol. Maka dari itu ambil jurusan selain MTK adalah pilihan terbaik menurutku agar proses kuliah lancar, hhhhha

    BalasHapus
  3. Matematika itu memang memiliki daya tariknya tersendiri ya kak

    BalasHapus