Ketika Komunikasi Butuh Cara

Komunikasi, satu hal yang menjadi jembatan antara satu orang dengan orang lainnya untuk saling memahami satu sama lain. Bisa juga menjadi sarana bertukar informasi yang bisa saja bermanfaat untuk kita sendiri maupun orang lain. Manusia itu mahkluk sosial, tidak bisa hidup sendiri, maka dari itu diperlukan interaksi satu sama lain. 

Dengan adanya komunikasi, setidaknya bisa meminimalisir kesalahpahaman dan menghindari konflik yang tidak diinginkan. Kita juga bisa tahu apa yang sebenarnya terjadi tanpa harus berasumsi yang tidak jelas. Ingat tidak selamanya asumsi itu selalu benar, bisa jadi asumsi hanyalah pikiran kita yang berlebihan alias overthinking

Sayangnya, komunikasi saat ini tidak terlalu dipedulikan dengan orang-orang. Mereka lebih asik dengan dunianya sendiri. Mneurutku, mereka bukannya tidak mau berkomunikasi, hanya saja mereka hanya bingung bagaimana caranya berkomunikasi dengan baik dan benar tanpa menyakiti siapapun. Ada juga yang kebingungan bagaimana untuk memulainya.

Yah, benar sih komunikasi itu ilmu yang mudah untuk dipelajari tapi sulit dikuasai. Makanya di bangku kuliah ada Program Studi Ilmu Komunikasi, karena ya memang banyak aspek yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi. Secara umum komunikasi membutuhkan dua komponen yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Komunikasi verbal berfokus pada menyampaikan informasi pesan atau informasi secara langsung baik untuk satu orang maupun khalayak umum untuk memberitahu maksud kita. Sedangkan, komunikasi non verbal berfungsi untuk meyakinkan apa yang kita sampaikan untuk menunjukan emosi yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata dan untuk menujukkan identitas diri.

Komunikasi verbal dan non verbal saling terikat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan. Dengan begitu, akan tercipta suatu penyampaian informasi yang benar dan tidak menimbulkan multitafsir bagi lawan bicara. 

Dengan penjelasan di atas kita bisa tahu bahwa komunikasi itu penting untuk siapapun. Jangan pernah menganggap remeh komunikasi, karena komunikasi menggambarkan kepribadian kita secara tidak langsung. Komunikasi menjadi langkah awal dalam menjalin hubungan baru dengan siapapun baik untuk masyarakat sampai urusan bisnis.

Posting Komentar