Makna Di Balik Blogwalking

Selama mengikuti oprec yang diadakan ODOP, banyak materi baru yang kupelajari mulai dari pengertian tulisan fiksi dan nonfiksi, membuat paragraf pembuka, sampai membahas soal penerbit. Di kelompok masing-masing juga kita melakukan bedah tulisan bersama di mana masing-masing peserta memberi komentar satu sama lain. Komentar yang diberikan peserta dimulai dari gaya penulisan, kesesuaian topik yang diangkat, hingga koreksi terkait cara penulisan yang baik dan benar sesuai PUEBI.

Bedah tulisan menjadi salah satu sesi untuk membuat peserta lebih dekat satu sama lain, tetapi ada sesi lain yang menurutku lebih menarik dan bisa kenal lebih dekat secara tidak langsung. Sesi itu adalah blogwalking, pertama membacanya aku pikir kita akan ditugasi untuk "jalan-jalan" ke blog lain namun belum terbayang blog apa saja yang akan disinggahi. 

Ternyata setiap harinya kita diberikan tugas untuk blogwalking pada beberapa blog yang sudah ditentukan dan blog yang diberikan berbeda setiap harinya. Blog yang dikunjungi adalah blog teman-teman yang mengikuti oprec juga.

Umumnya blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog orang lain yang memiliki tujuan seperti mencari inspirasi, hanya sekedar ingin membaca, sampai mencari bloger yang bisa diajak kolaborasi. Kolaborasi yang dimaksud adalah menulis bersama, karena tidak dapat dipungkiri bahwa kita pasti menemukan bloger yang memiliki interest sama. 

Untuk orang yang pertama kali melakukan blogwalking sepertiku ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari kegiatan ini. Terlepas dari manfaat yang sudah dijelaskan sebelumnya, aku merasa blogwalking merubah beberapa kebiasaan dan sudut pandangku tentang blog.

1. Membaca lebih teliti
Selama ini aku kalau membaca biasanya hanya membaca cepat dengan tujuan paham inti dari tulisan tersebut, tetapi tidak benar-benar mendalamai sehingga saat ditanya lebih dalam mengenai bacaan yangg kubaca tak jarang aku membaca ulang sebentar untuk mencari tahu apa yang ditanyakan. Setelah blogwalking berjalan aku membaca lebih teliti untuk memahami apa yang teman-teman tulis, karena banyak sekali topik yang mereka tulis yang tak sedikit jarang aku ketahui hitung-hitung menambah ilmu baru.

Banyak juga kosakata baru yang ditemukan sehingga sayang jika tidak aku telaah ketika membaca dengan cepat. Selain itu blogwalking juga membuatku lebih bersabar dalam membaca apalagi topik yang dibawa tidak familiar untukku rasanya ingin cepat-cepat menyelesaikannya.

2. Memberi komentar yang sesuai
Blogwalking juga bertujuan memberi kita kesempatan untuk memberi pendapat, kritik, atau saran pada tulisan yang kita baca. Ini menjadi ajang untukku melatih kemampuan mengemukakan pendapat yang sesuai dengan tulisan tetapi tidak menyinggung siapapun. Sering kali kutemui beberapa blog dengan komentar sekedar "bagus", "lanjutkan mas", "berguna", dan pujian lainnya, memang bagus sih tapi lama-kelamaan kita tidak akan berkembang.

Untuk bisa memberi komentar yang sesuai dibutuhkan pemahaman akan tulisan yang dibaca, seperti yang kujelaskan di atas bahwa membaca dengan teliti membuat kita paham apa yang sebenarnya di bahas. Dengan begitu komentar yang diberikan pun akan lebih relevan. Serius deh komentar yang membangun sangat bermanfaat untuk semua pihak.

3. Media mengekspresikan diri
Kukira blog awalnya hanyalah suatu wadah untuk menyampaikan informasi yang jarang diketahui orang. Ternyata bisa menjadi wadah mengekspresikan diri seperti curahan hati dalam bentuk tulisan, prosa, atau puisi, cara yang indah bukan tanpa harus bercerita pada siapapun?

Selain itu kita pun akan terbawa dengan tulisan si penulis mulai dari rasa sedih, bahagia, bingung, hingga kecewa. Padahal kita tidak merasakannya, tetapi saat membaca tiba-tiba kita seperti baru saja mengalaminya. 

Blogwalking secara keseluruhan merupakan langkah bagus untuk melatih diri sendiri menjadi bloger yang baik. Tidak ada ruuginya kok.

3 komentar

  1. Blogwalking bagus kok. Selain membuat kita pembaca dan penulis jadi lebih dekat, blogwalking membuat kita melatih diri untuk semakin paham literasi, membaca bukan lagi sekadar membaca toh..

    BalasHapus
  2. Poin-poinnya valid semuaaah!!! Blogwalking juga jadi sjang buat belajar dalam segi edukatif dan segi kehidupan. Kalau blogwalking aku selalu ngerasa teredukasi dengan hal-hal baru yang sangat penuh akan manfaat. Selain itu, blogwalking ini juga memintaku untuk belajar menghargai, menghargai untuk membaca dari awal sampai habis dan menghargai untuk berkomentar yang sesuai dengan isi blog tersebut.

    BalasHapus
  3. Blogwalking emang memberikan banyak manfaat sih buat kita

    BalasHapus