The Power of Math


Segala sesuatu yang ada di muka bumi ini pasti memiliki manfaat tak peduli apapaun itu.  Misalnya, kecoa salah satu serangga yang menyeramkan ketika sudah masuk mode terbang ternyata memiliki manfaaat sebagai pendaur ulang. Kecoa bisa memakan apa saja mulai dari tumbuhan hingga kotoran hewan. Bahkan, kecoa bisa bertahan hidup dari bencana nuklir sekalipu.

Hal itu membuktikan bahwa sebenarnya Tuhan menciptakan suatu hal tak lain dan tak bukan karena memiliki peran penting dalam kehidupan di bumi ini. Salah satunya adalah matematika, banyak yang kurang suka dengam mata pelajaran yang satu ini karena sulit untuk dipahami dan sering mempertanyakan apa penerapan mamtematik dalma hidup. Mungkin beberapa penerapan simpel di bawah ini bisa menyadarkan beberapa orang betapa bergunanya matematika.

1. Menentukan takaran bahan dalam memasak


Ketika kita memasak untuk pertama kali biasanya kita akan mencari resep terlebih dahulu untuk mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan yang dibutuhkan memiliki takarannya masing-masing, Misalnya, untuk membuat kue nastar membutuhkan margarin sebanyak 20 gram dan mentega sebanyak 80 gram supaya saat matang kuenya tidak mudah hancur (koreksi kalau salah, seingetku dulu begitu).

Ada juga makanan menggunakan bahan yang dibutuhkan seperti garam ditulis dengan kata "secukupnya". Kata "secukupnya" ini berarti sesuai selera kita, terserah kita mau masakan lebih asin atau bagaimana. Hal itu hanya berlaku utnuk beberapa masakan saja, tidak bisa untuk semua masakan. Bayangkan kita membuat kue nastar menggunakan margarin dan mentega secukupnya alias suka-suka kita, mau bagaimana hasilnya nanti?

Maksud dari penjelasan di atas adalah matematika membantu menemukan perbandingan yang pas untuk suatu masakan agar mendapatkan hasil yang sesuai. Tak selamanya kita bisa menggunakan bahan sebanyak yang kita mau. 

2. Membuat skala perbandingan pada gambar


Ketika kita membuat rancangan rumah impian pastinya kita membuat denah rumah. Nah, biasanya ukuran rumah pada rancangan memiliki perbandingan dengan ukuran aslinya. Tidak mungkin dong kalau kita menggambar desain rumah seusia dengan ukuran aslinya, mau sebesar apa kertasnya nanti? 

Biasanya menggunakan perbandingan 1:1.000 yang berarti 1 cm pada desain sama dengan 1000 cm pada ukuran aslinya. Hal tersebur sering kita jumpai pada atlas di mana pada setiap wilayah terdapat keterangan perbandingan, misalnya 1:1.300.000 dengan penjelasan 1 cm pada atlas sama dengan 1.300.000 cm pada ukuran aslinya. Keren bukan?

3. Menentukan rute terdekat sebagai kurir


Kurir memiliki tugas mengirimkan banyak barang ke beberapa tujuan, tentunya harus mencari jarak terdekat agar bahan bakar yang dibutuhkan seminimum mungkin. Matematika memiliki solusi untuk masalah ini, yaitu Travelling Salesman Problem (TSP). TSP mencari jarak antar titik tujuan lalu mencari jarak terdekat yang bisa diambil.

TSP banyak digunakan hingga sekarang dibidang logistik ketika ingin mengirimkan barang ke beberapa cabang. Bisa juga semisal kita ingin survei mencari harga termurah di beberapa lokasi, TSP sangat membantu menyelesaikan masalah seperti itu. Berguna bukan?

Matematika memang menjadi momok menakutkan bagi beberapa orang, namun bukan berarti meragukan kegunaan matematika di dunia nyata hanya karena terlihat sulit. Banyak kok kegunaan matematika mulai dari yang mudah hingga yang sulit sekalipun.

3 komentar

  1. akhirnya aku menemukanmu makna secukupnya di ressp-resep. :"

    BalasHapus
  2. Makasih udah bahas ini, jadi lebih luas sih pikiran buat mengklaim bahwa sesuatu yang diciptakan akan selalu punya peran oenting dalam hidup. Pengandaian pake kecoa itu cerdas banget sih, kok jepikiran gitu, wkwkwk.

    BalasHapus
  3. Jujur matematika seru kalau paham tapi kalau nggak paham jadinya nggak seru

    BalasHapus