Cara Mudah Pasang Google Analytics pada Blog

Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar atau membaca kata blogger? Pastinya sebagian besar dari teman-teman berpikir bahwa blogger adalah orang yang sehari-harinya menulis di blog. Nggak salah sih, tetapi pada kenyataannya menjadi blogger tidak hanya sekedar menulis saja. Banyak hal yang harus diperhatikan saat sebelum dan sesudah menulis seperti menentukan topik yang pas, penggunaan gambar yang sesuai, hingga memantau performa blog.

Seperti saat memiliki hewan peliharaan sudah pasti kita merawatnya tidak hanya dengan memberi makan saja, tetapi dengan membersihkannya, menggunting kukunya, menyisir bulunya, hingga membawa ke dokter hewan jika sakit. Kasarnya ki harus tahu secara detail terhadap hewan yang kita rawat dari A sampai Z.

Bagaimana dengan blog? Sebenarnya kurang lebih sama dengan yang sudah kujelasakn sebelumnya. Hanya saja kita juga perlu tahu juga bagaimana keadaan blog kita saat ini, meskipun banyak komentar pada blog kita tetapi bisa saja para pengunjung hanya sekedar berkunjung lalu meninggalkan komentar begitu saja. Maka dari itu kita juga harus tahu sejauh mana blog kita bisa menjangkau para pembaca dan berapa lama waktu yang dihabiskan para pembaca pada blog kita.

Mengenal Google Analytics


Salah satu tools yang bisa dimanfaatkan blogger untuk memantau blog adalah Google Analytics. Tools yang biasa disebut GA ini banyak digunakan untuk melihat kinerja website berdasarkan data-data statistik yang ditampilkan. Selain itu GA benar-benar membantu para penggunanya untuk memantau perkembangan website yang mereka kaitkan.

Lalu, kenapa blogger butuh GA? Menurutku GA sangat membantu para blogger menentukan niche. GA memberikan informasi kepada blogger dalam bentuk statistik dari masing-masing artikel yang mereka buat, sehingga bisa mengetahui kira-kira mana topik mana yang banyak disenangi para pembaca. Oleh karena itu, kita tidak akan kesulitan menentukan niche kedepannya, bukannya itu bagus?

Yang membuatku heran adalah tools sehebat ini bisa digunakan secara gratis tanpa mengeluarkan sepeserpun. Jadi, mumpung gratis marilah kita manfaatkan tools ini sebaik mungkin karena akan memberikan dampak yang benar-benar wah untuk blog kita. 

Pengalaman Memasang Google Analytics

Ketika memustuskan untuk mengikuti kelas lanjutan dari ODOP yaitu ODOP Blogger Squad, materi yang diberikan pertama kali adalah cara memasang GA pada blog. Kakak-kakak mentor memberikan artikel bagaimana cara memasang GA pada blog kita. Di sana dijelaskan dengan detail langkah demi langkah ditambah ilustrasi gambar yang membuat pembaca mudah untuk memahaminya.

Ini adalah kali pertama aku mencoba memasang GA di blog, oleh karena itu aku berusaha melakukannya sendiri tanpa bertanya dahulu agar lebih familiar dengan fitur-fitur yang tersedia di sana. Awalnya kukira akan cukup sulit mengingat banyak sekali fitur-fitur yang tersedia di sana sehingga bisa membuat orang awam minder duluan jika tidak terbiasa. Tak butuh waktu lama akhirnya aku menyelesaikan pemasangan GA pada blogku ini, dari sini aku paham sebenarnya langkah yang diberikan cukup mudah dan yang terpenting kita sabar juga telaten saja membaca langkah demi langkah yang disajikan.

Secara garis besar untuk memasang GA pada blog kita ini terdiri dari dua langkah utama, yaitu membuat akun pada GA dan mengaitkan kode akun GA ke blog kita.   

Di sini aku akan coba jelaskan bagaimana langkah-langkahku memasang GA dimulai dari membuat akun sampai memasang kode yang didapat ke blog. Namun, ada dua catatan yang ingin kusampaikan sebelum kita lanjut. Pertama, sangat disarankan blog teman-teman sudah menggunakan TLD (Top Level Domain) seperti .com, .id, atau my.id, Hal ini agar blog teman-teman lebih mudah dicari dan ditemukan oleh mesin pencari. Kalau masih nyaman dengan blogspot.com boleh kok, hanya saja nanti akan kesulitan ketika teman-teman membeli TLD untuk domain yang sudah didaftarkan pada GA lalu ingin menggantinya bisa-bisa akan bermasalah. Kedua, ini adalah langkah-langkah memasang GA pada blog, jadi jika teman-teman menggunakan wordpress mohon maaf langkah ini tidak bisa teman-teman lakukan. 

Membuat Akun di Google Analytics

1. Masuk ke laman https://analytics.google.com/, jika teman-teman sebelumnya sudah pernah login akun Google maka bisa langsung klik Start Measuring (bagian yang dibulatkan warna merah). Jika ingin mengganti akun terlebih dahulu bisa klik pada bagian pojok kanan atas (bagian yang dibulatkan warna hijau).

2. Untuk kolom nama akun teman-teman bisa mengisinya dengan nama kalian atau nama pena, mau pilih yang manapun tidak akan berpengaruh apa-apa kok. Di bagian bawah ada kolom perizinan teman-teman bisa memilih mana saja yang diizinkan, kurang lebih di sana mereka izin untuk mengirimkan seputar produk terkait GA ke email kita. Kemudian klik Next


3. Akan muncul kolom properti, zona waktu, dan mata uang. Properti teman-teman bebas mengisi dengan apa aja, untuk lebih mudah bisa mengisi dengan nama blog teman-teman. 

Untuk zona waktu teman-teman pilih negara Indonesia, sedangkan zona waktunya silahkan pilih sesuai daerah masing-masing teman-teman bisa WIB, WITA, atau WIT.

Mata uang bisa memilih Rupiah atau US Dollar. Kalau sudah diisi semua, klik "Show advanced option" (yang dibulatkan warna biru)


4. Di sini jangan lupa untuk klik bagian yang dibulatkan warna merah untuk mengaktifkan fitur ini. Pada kolom URL isi dengan URL blog teman, pastikan pada URL teman-teman menggunakan http atau https. Di bawahnya terdapat dua piliha, teman-teman pilih yang atas saja. Jika sudah, klik Next.


5. Selanjutnya teman-teman akan dibawa ke bagian informasi bisnis. Di sini teman-teman bebas memilih apa saja tergantung kebutuhan masing-masing. Jika sudah klik Create.


 
6. Selanjutnya teman-teman akan diminta persetujuan, klik setuju pada bagian atas dan bawah. Jika sudah, klik bagian setuju yang ada di bawah.

7. Tunggu beberapa saat maka tampilannya akan seperti ini. Akan ada mucul kode dibagian yang aku sensor, tetapi itu tidak akan kita gunakan.


8. Teman-teman bisa tutup layar tersebut, lalu pilih bagian yang aku bulatkan merah (tidak masalah jika tulisannya Semua Akun atau nama properti dengan kode sama aja kok). 



Setelah itu pilih Nama Properti dengan kode yang terdiri dari kata UA-****** di bawahnya, nanti akan muncul pilihan lagi disampingnya dan langsung klik buka (geser mouse agak kekanan sampai muncul tulisan buka)


9. Setelah itu tampilan halaman awal akan seperti ini. Jika sudah teman-teman langsung klik saja Admin (ada di pojok kiri bawah), setelah itu pilih info pelacakan. Disitu akan tersimpan kode yang akan teman-teman gunakan nanti.



Pastikan pada bagian yang kubulatkan hijau itu sudah terpilih UA, jika tidak akan muncul pilihan info pelacakan. 

10. Akan banyak pilihan di sana, teman-teman cukup klik Kode Pelacakan saja. Maka tampilannya akan seperti di bawah ini, teman-teman cukup menyimpan kode pada bagian yang aku bulatkan. Itu akan kita gunakan untuk mengaitkan GA pada blog kita. Jaga baik-baik ya kodenya, karena bisa saja nanti disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.


Tadaa sudah selesai proses membuat akun di GA!

 Memasang Kode pada Blogspot

1. Masuk kedalam dashboard blog kalian lalu klik setelan dan cari ID Properti Google Analytics, jika sudah isi kolom yang ada dengan kode UA yang sudah teman-teman dapatkan tadi. 


2. Selanjutnya klik Tema - Edit HTML (Klik panah dengan arah ke bawah di sebelah tombol Sesuaikan). Tempelkan kode yang sudah teman-teman simpan di bagian bawah <head> dan klik save yang dilambangkan dengan logo disket. 



Sudah selesai proses pemasangan kode GA pada blog kita. Untuk memastikan apakah bekerja atau tidak, teman-teman bisa melakukan kunjungan pada blog masing-masing setelah itu buka kembali laman Analytic-nya. Jika tampilannya sudah seperti gambar di bawah ini yang membentuk suatu grafik maka GA sudah terhubung dengan blog Anda. Selamat ya!!


Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencoba dan kalau bingung silahkan bertanya ya di kolom komentar. 








Posting Komentar