Memasang Google Search Console Untuk Blog

Dalam memaksimalkan penggunaan blog tidak cukup hanya melihat bagaimana perilaku dari para pengguna mengunjungi blog kita menggunakan Google Analytics, tetapi kita juga harus tahu bagaimana kinerja dari blog itu sendiri. Apakah mudah ditemukan pada mesin pencari (search engine). Tentunya dengan mengetahui perkembangan blog masing-masing akan memudahkan kita untuk menentukan langkah optimasi langkah yang tepat pada konten blog. Salah satu tools yang bisa digunakan adalah Google Search Console.

Pertama Kali Mengenal Google Search Console

Kukira setelah melalui tahapan Cara Mudah Pasang Google Analytic pada Blog maka tidak memperlukan tools lain yang bisa digunakan untuk mengoptimasai blog. Sehingga, cukup berfokus pada menulis artikel yang berkualitas agar pembaca betah di blog dan melakukan beberapa penyesuain di Goggle Analytics. Nyatanya, tidak semudah itu ferguso hihihii, masih ada beberapa tools yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan performa blog.

Salah satu tools yang diajarkan beberapa hari lalu adalah Google Search Console atau bisa disingkat dengan GSC. Dari namanya saja kuberpikir sepertinya ini berguna untuk memudahkan website atau blog masuk ke dalam mesin pencari. Maksudnya, ketika kita memasukan kata kunci yang berhubungan dengan blog kita maka hasilnya akan muncul pada halaman pertama pencarian.Setelah kulik sana-sini benar saja, kurang lebih GSC dimanfaatkan untuk memudahkan pencarian pada blog sendiri. 

Akhirnya, kakak-kakak mentor pun memberikan artikel berisi langkah-langkah untuk memasang GSC. Sekilas terlihat mudah sih bahkan lebih mudah dari memasang GA (Google Analytic), tetapi saat praktik memang mudah kok asalkan membaca setiap langkah yang diberikan dengan teliti dan tidak melakukannya dengan terburu-buru.

Manfaat GSC Untuk Blog

Ada beberapa manfaat pada GSC yang bisa kita gunakan untuk blog, diantaranya:
  • Memberikan notifikasi berupa eror pada blog.
  • Memudahkan pemilik blog melihat kata kunci yang paling diminati.
  • Mengetahui halaman paling populer pada blog
  • Mengindeks artikel blog
  • Melakukan submit sitemap
Semua manfaat yang sudah dijelaskan bisa kita dapatkan secara cuma-cuma, karena GSC bisa kita gunakan secara gratis lho. Tuh kan, kapan lagi tools sekeren ini bisa kita gunakan secara cuma-cuma?

Persiapan Sebelum Mendaftar GSC

Persiapan ini bertujuan untuk mengatur crawler dan indeks yang ada pada blog kita supaya bisa mendapatkan kumpulan artikel yang sudah pernah kita tulis.

1. Masuk kedalam dashboard blogger
2. Pilih setelan, lalu cari bagian "Crawler dan pengindeksan"
3. Aktifkan robot.txt dengan klik tombol yang ada di sebelahnya (yang dilingkari merah)



4. Pilih robot.txt custom yang ada di bawah tulisan robot.txt, lalu ketik kode berikut:

User-agent: *
Disallow: /search
allow: /
sitemap: https://(isi dengan alamat blog kalian)/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-result=500

Jika benar harusnya seperti ini



6. Aktifkan tag header robot kustom dengan klik tombol di sebelahnya sehingga berubah warna dari abu-abu menjadi hijau.



7. Lakukan pengaturan tag robot kustom untuk tag halaman beranda, tag halaman penelusuran dan arsip, dan tag untuk postingan dan halaman. Ikuti saja seperti gambar di bawah ini. 

Cara Mendaftar GSC

1. Masih pada bagian "Crawler dan pengindeksan" yang letaknya di setelan pada dashbord blogger kita, klik Google Search Console. Posisinya persis di bawah Tag postingan dan halaman.

2. Maka akan dibawa ke halaman seperti ini dan pilih URL Prefix dengan mengisi kolom URL dengan URL blog kita. Kemudian, klik Continue


3. Jika berhasil maka akan muncul pop-up yang memberitahu bahwa url yang kita masukan sudah terverifikasi. Langsung saja klik Go to Property.



4. Kemudian, akan dibawa ke halaman awal GSC. Setelah itu langsung aja scroll pada layar bagian kiri dan cari pilihan Setelan. 



5. Setelah di klik akan muncul beberapa pilihan yang bisa pilih. Pertama pilih Verifikasi kepemilikan, kemudian pilih Tag HTML untuk menambahkan tag meta. Akan muncul tag meta yang bisa disalin, klik salin.




6. Buka kembali dashboard blog kemudian buka Tema Blogger > Edit html. Tempel tag meta yang sudah di salin tepat di bawah <head>, jika sudah klik simpan (klik gambar disket).



7. Kembali ke laman GSC tadi, jika sudah langsung klik verifikasi. Tunggu beberapa saat sampai muncul pop up yang memberi tahu bahwa proses verifikasi sudah selesai. 

8. Pilih Peta Situs (Site Map) yang terletak pada bagian Indeks dan di bawah pilihan Halaman. Di sana kita bisa menambahkan peta situs baru. Masukan sitemap.xml dan atom.xml, jika sudah tampilannya akan seperti ini.


9. Kembali ke pilihan Performa maka akan muncul tulisan yang memberi tahu untuk menunggu kurang lebih selama sehari. 




Jika sudah melakukan semua langkah-langkah di atas maka pada bagian Peta Situs statusnya akan berubah menjadi sukses dengan warna font hijau. Secara keseluruhan cara ini bisa digunakan untuk pengguna yang menggunakan blog untuk wordpress aku kurang tahu karena belum pernah mencobanya. Mungkin bisa dicari, karena setahuku langkahnya berbeda.

Ada satu hal yang harus diingat, terutama para blogger yang menggunakan TLD-nya itu my.id. Loh kenapa? Dimulai bulan Mei 2022 kemarin URL dengan domain my.id untuk saat ini tidak bisa submit site map karena  domain tersebut terindikasi spam. Makanya pada bagian site map statusnya tidak bisa sukses untuk saat ini. Oleh karena itu, ada kemungkinan blog kita tidak mudah ditemukan oleh Google.

Walau begitu tenang saja agar blog kita bisa cepat dan mudah ditemukan kita harus terus menambah konten yang berkualitas. Maka dari itu, tetap semangat dalam menulis!










Posting Komentar