Mendalami Kegiatan Membaca Untuk Blogger

Membaca untuk blogger rasanya sudah menjadi makanan wajib sehari-hari sepertinya. Apalagi kalau rajin menulis setiap hari, rasanya butuh banget membaca agar mudah mendapatkan ide. Aku pernah baca salah satu nasihat (lupa dari siapa huhuhu, kasih tau ya di kolom komentar kalau tahu) bahwa untuk bisa menulis kita harus rajin membaca. Setuju banget sih, karena kalau nggak baca pasti akan selalu bingung mau nulis apa.

Setidaknya itu yang kurasakan ketika mengikuti tantangan menulis satu tulisan per hari, rasanya otak dipaksa bekerja keras untuk mencari topik yang menarik. Tidak berhenti disitu, ketika topik sudah ditemukan harus merangkai kata sedemikian sehingga menjadi susunan kalimay nan indah dan menarik. Dari semua itu apakah 24 jam cukup? Tentu saja... tidak. Becanda hehe bisa kok, yang penting ada niat dan kemauan untuk menulis.

Dari situ aku menyadari bahwa membaca untuk blogger adalah suatu keharusan untuk tetap bisa memberikan yang terbaik. Dipikir-pikir rasanya seperti peneliti saja di mana untuk menulis suatu hasil penelitian harus membaca dari berbagai sumber agar apa yang dibuat bisa dipercaya. Begitu pula dengan blogger tidak bisa asal tulis tanpa membaca rasanya akan aneh jika langsung menulis tanpa membaca. Tulisan yang dibuat tanpa riset akan merasa seperti buru-buru dan pembaca akan kebingungan mau dibawa ke mana dengan tulisan ini.

Apa manfaat membaca bagi blogger?

Mungkin sebagian dari kalian berpikir manfaat membaca rasanya sama saja untuk setiap orang, yaitu menambah informasi baru. Akan tetapi, menurutku untuk blogger memiliki beberapa manfaat yang menarik dalam membaca.

1. Menambah kosakata dan diksi baru

Ini memang menjadi manfaat yang umum banget bagi siapapun yang senang membaca. Akan tetapi, untuk blogger ini adalah manfaat yang penting. Bagaimana tidak, banyaknya kosakata dan diksi baru memberikan blogger banyak alternatif dalam merangkai kalimat. Terutama yang senang menyampaikan suatu hal secara tersirat, pasti akan membuat pembaca bertanya-tanya.

Selain itu juga cocok untuk para blogger yang belum menemukan gaya menulis. Oleh karena itu, dengan rajin membaca blogger bisa menemukan kosakata atau diksi yang sesuai dengan gaya menulis impiannya.

2. Suka menemukan ide baru

Ide bisa datang dari mana saja dan membaca menjadi salah satu alternatif dalam mencari ide. Ada juga beberapa bloger menyisipkan beberapa pesan tersembunyi yang bisa dimanfaatkan sebagai ide tulisan yang baru. Akan tetapi, perlu diingat bahwa mendapatkan ide ketika membaca anggap saja sebagai bonus dalam membaca, jangan terlalu mengandalkan apalagi kalau sedang kehabisan ide. Gak masalah, tetapi ada banyak cara dalam mencari ide yang bisa dimanfaatkan.

3. Mengetahui tren masa kini dengan penyampaian yang menarik

Banyaknya informasi saat ini kadang membingungkan untuk mengetahui tren terbaru. Hal ini biasanya dimanfaatkan blogger untuk menulis tentang hal tersebut dan yang membuatnya menarik adalah mereka menyampaikannya menggunakan sudut pandang masing-masing. Banyaknya sudut pandang membuat bacaan menjadi menarik dan mudah mengetahui tren apa yang sedang ramai dibicarakan saat ini, karena sebagian besar bloger tentu saja mencari traffic dari momen seperti ini dan sayang jika tidak dimanfaatkan sebaik mungkin.

Membangun kebiasaan membaca untuk para blogger

Banyak manfaat yang dirasakan saat membaca tentunya membutuhkan kemauan besar untuk terus-menerus membaca. Lalu, apa kiat-kiat yang bisa dilakukan agat terbiasa membaca? Mari kita simak penjelasan di bawah ini

1. Membaca sesuatu yang kita senangi dahulu

Ini dilakukan untuk memahami esensi dari pentingnya membaca. Membaca itu kegiatan yang menyenangkan bila kita tidak merasa keberatan melakukannya. Banyak oramg mengeluh ketika membaca karena sudah tertanam dalam pikiran merekab bahwa membaca itu kegiatan yang sangat membosankan, apalagi membaca buku pelajaran duh tahu sendiri kan bagaimana respon mereka. Berbeda ketika membaca komik, pasti mereka betah berjam-jam membacanya. 

Dari dua hal tersebut kita tahu bahwa senang tidaknya mereka membaca karena rasa penasaran yang mereka miliki. Ketika disuruh membaca buku pelajaran mereka malas karena sudah tidak memiliki ketertatrikan sama sekali. Berbeda dengan membaca komik mereka bersemangat bisa jadi karena senang tokoh di komik tersebut atau gambarnya enak dilihat.

2. Membaca dengan pelan-pelan

Banyak orang membaca dengan buru-buru karena ingin cepat-cepat menyelesaikan apa yang dibaca. Misalnya saat membaca novel, karena ingin mengetahui alur cerita yang ditawarkan akhirnya membaca dengan cepat. Mungkin membaca dengan cepat memudahkan pembaca untuk mendapatkan pokok pikiran pada tulisan, tetapi akan mudah melewatkan hal-hal kecil yang bisa saja bermanfaat bagi pembaca.

Sebenarnya tidak ada paksaan apakah harus membaca dengan cepat atau lambat, karena itu semua tergantung kenyamanan pembaca. Akan tetapi, untuk langkah awal membaca lebih baik membaca secara pelan-pelan untuk membangun feeling dalam membaca. Selain itu pikiran pun akan lebih mudah mencerna kata-kata yang dibaca secara perlahan terutama ketika membaca suatu karya yang menggunakan bahasa asing dan kita belum terbiasa bisa dibayangkan sendiri kalau membaca secara cepat apa hasilnya hehehehe.

Pada akhirnya membangun kebiasaan mebaca sudah menjadi kendala bagi siapapun yang baru memulainya. Mulai dari karena menemukan bacaan yang tidak menarik sampai ingin buru-buru menyelesaikan bacaannya. Padahal, membaca memiliki banyak manfaat ketika tidak mempersalahkan kendala yang disebutkan sebelumnya. 

Oleh karena itu membaca untuk blogger adalah suatu kewajiban untuk terus mengasah kemampuan berpikir dan menyampaiakn suatu hal melalui tulisan agar bisa diterima pembaca. Maka dari itu jangan pernah berhenti membaca ya!

Posting Komentar