5 Cara Persiapan Menghadapi Musim Hujan

Musim hujan menjadi masalah utama bagi orang-orang apabila hujan turun dengan deras maka harus siap-siap mengantisipasi bencana banjir yang akan datang jika tinggal dekat dengan sungai. Selain itu untuk orang-orang yang senang berpergian hujan menjadi musuh utama yang bisa menghambat perjalanan. Maka dari itu, perlu persiapan menghadapi musim hujan saat berkendara agar tidak basah kuyup di perjalanan. 

Banyak yang meremehkan ketika gerimis mulai turun karena masih menganggap tidak berbahaya dan akan kembali reda. Nyatanya sering kali setelah gerimis turun akan datang hujan cukup deras sehingga kita tidak siap dan berakhir kehujanan, huhuhuh sedih sekali bukan? Apalagi kalau sedang perjalanan jauh rasanya pasti campur aduk karena semuanya basah.

Hal tersebut sering kualami ketika berpergian jauh dan hujan turun perlahan. Alih-alih bukannya menepi di bahu jalan untuk berteduh atau memakai jas hujan, aku malah asyik menerobos jalanan dan berakhir kehujanan. Apesnya lagi sudah kedinginan karena kehujanan, semua barang bawaan basah terkena hujan. Pernah sekali ketika pulang menuju rumah dan hujan turun dengan derasnya membuat semua barang bawaanku basah termasuk laptop, sehingga aku jadi panik-panik ajaib takut laptopnya tidak bisa berfungsi lagi untungnya masih bisa digunakan. 

Semua itu membuatku berpikir bahwa persiapan menghadapi musim hujan sangatlah dibutuhkan agar kejadian seperti di atas tidak terulang lagi. Gak mau dong pastinya karena kesalahan kecil seperti itu berakibat fatal, apalagi kalau barang elektronik  jadi korbannya. Duhh gamau dehh sayang duitnya untuk benerin atau beli baru lagi.

Oleh karena itu, aku memiliki beberapa persiapan menghadapi musim hujan yang mungkin bisa diterapkan oleh teman-teman. Tentunya ini akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu sebelum hujan dan ketika hujan turun. Kok begitu? Yaaa itu semua kubuat karena berdasarkan pengalaman yang kualami sehingga persiapannya akan berbeda. 

Persiapan Sebelum Hujan Datang

Kita ga pernah tahu kapan hujan datang, tetapi perlu waspada juga ketika sudah memasuki musim hujan datang. Meski pagi hingga siang hari cuacanya cerah bisa saja sore hari hujan akan turun. Maka dari itu ada beberapa hal yang bisa disiapkan.

1. Cek perkiraan cuaca

Sepele sih, tapi ini berguna banget untuk orang-orang yang hendak berpergian. Meski tidak sepenuhnya akurat setidaknya kita tahu kemungkinan yang akan terjadi di wilayah yang kita lewati atau kunjungi. Oleh karena itu, kita akan lebih sadar dan lebih siap ketika hujan memang  beneran turun. Mudah sekali untuk mengetahui perkiraan cuaca di suatu wilayah bisa menggunakan telepon genggam masing-masing atau menonton berita. 

2. Selalu membawa payung atau jas hujan 

Kalau pengendara motor biasanya selalu membawa jas hujan jadinya harusnya lebih aman, ya walaupun tidak sedikit juga yang tidak membawanya dengan alasan harga yang terlalu mahal atau tidak muat di bagasi motor. Padahal banyak juga yang menjual jas hujan dengan harga murah, apalagi di pinggir jalan. Ya meskipun tidak akan awet seperti jas hujan pada umumnya tetapi setidaknya bisa melindungi kita dari hujan beberapa kali. Akan tetapi, gak ada salahnya membeli jas hujan yang harganya lumayan mahal karena bisa dipakai kapan saja dan lebih melindungi seluruh bagian tubuh dari hujan.

Untuk pejalan kaki biasanya mereka malas membaya payung. Menurut mereka membawa payung itu ribet dan menuh-menuhin barang bawaan saja. Yaa aku paham sih bawa payung itu kadang bikin ribet sendiri apalagi sudah tidak ada tempat untuk menyimpannya dan berujung digenggam kemana saja. Bukannya pede yang ada malah malu karena dinilai kurang kerjaan saja kesana-kemari memegang payung bahkan sampai ditertawakan. 

Akan tetapi, ingatlah ada satu peribahasa yang berkata sedia payung sebelum hujan yang berarti harus mempersiapkan sesuatu sebelum suatu hal terjadi. Sesuai dengan peribahasa tersebut maka ya kita harus sedia payung sebelum hujan turun agar tidak kehujanan. Ya repot sedikit tidak mengapa lah dari pada repot karena barang bawaan basah semua, mending milih mana kalau begitu? 

3. Melindungi barang bawaan 

Jas hujan tas dan plastik klip
Melindungi tas dan buku dari hujan
menggunakan jas hujan tas dan plastik klip

Meski sudah membawa payung atau jas hujan, terkadang barang bawaan masih saja basah terkena hujan terutama saat membawa tas. Untuk mengatasi hal tersebut teman-teman bisa menggunakan jas hujan tas, gunanya untuk melindungi tas agar tidak basah. Biasanya tas zaman sekarang sudah satu paket dengan jas hujan, tetapi kalau tidak dapat bisa dibeli di toko online dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain menggunakan jas hujan tas aku sarankan menyimpan barang bawaan dengan plastik klip agar lebih aman. Gak semua jas hujan bisa menahan air terutama saat hujan deras, seringkali barang bawaanku basah padahal sudah menggunakan jas hujan tas. Alternatif lain sih bisa menggunakan plastik kresek, ya kesannya kurang estetik gitu sih namun bisa jadi opsi semisal temen-temen males beli plastik klip. 

Persiapan Ketika Hujan Datang

Bagian ini lebih menjelaskan saat kondisi teman-temen berkendara dengan sepeda motor. Menurutku persiapan menghadapi musim hujan sangatlah berat bagi para pengendara, karena banyak faktor di luar dugaan seperti jalanan licin, banjir, sampai penglihatan tidak jelas saking derasnya hujan. Yuk kita bahas

1. Saat gerimis datang langsung kenakan jas hujan

Jangan pernah sekali-kali meremehkan gerimis, menurutku lebih baik berhenti dan kenakan jas hujan. Sekalipun saat kita berhenti hujan sudah reda jangan melepas jas hujan, karena saat ini cuaca benar-benar labil, Sebentar hujan sebentar berhenti kemudian hujan kemudian berhenti lagi, jadi benar-benar tidak pasti. Di tambah sering sekali sebagain jalanan kering kerontang setelah itu hujan deras turun tiba-tiba.

Dari pada berhenti terus-terusan untuk memakai dan melepas jas hujan, mending setelah dipake langsung jalan saja. Kalau takut diliatin pengendara lain cuekin aja toh mereka ga ada hak untuk mengatur apa yang kita kenakan, bukan? Anggap saja ini sebagai langkah pencegahan kalau hujan turun, sehingga barang bawaan kita aman.

2. Jika hujan deras menggangu penglihatan, berhenti!

Bagiku hujan deras adalah suatu cobaan karena benar-benar kemampuan berkendara diuji saat itu. Reflek dan insting menjadi kekuatan utama berkendara saat hujan, karena hujan deras benar-benar mengganggu penglihatan. Belum lagi kalau melintasi kubangan air kita tidak tahu bagian mana yang jalannya berlubang, salah sedikit saja bisa jatuh kita. Jalanan licin juga menjadi tantangan sehingga kita tidak bisa ngebut dan harus bisa memainkan rem sebaik mungkin agar tidak tergelincir.

Orang yang berkacamata akan kesulitan melihat saat berkendara karena lensa akan basah dan benar-benar mengganggu penglihatan. Kalau sudah begitu lebih baik berhenti dan berteduh untuk menunggu hujan sedikit reda agar berkendara lebih nyaman. 

Hujan memang membawa berkah, tetapi jangan mudah pasrah apabila hujan deras melanda. Banyak persiapan menghadapi musim hujan yang bisa dilakukan agar barang bawaan tidak basah karena kehujanan. Maka dari itu, yuk selalu bawa payung atau jas hujan kemanapun. 

2 komentar