ROG Phone 6, Smartphone Gaming Lengkap Masa Kini

ROG Phone 6


ASUS ROG akhirnya mengeluarkan produk terbarunya yakni ASUS ROG Phone 6 pada tanggal 21 September 2022 kemarin. Berbeda dengan pendahulunya, ASUS ROG Phone 6 memiliki segudang fitur dan keunggulan yang pastinya bikin kalian nyaman menggunakannya mulai dari pemakaian umum sampai yang ingin fokus gaming

Ditambah banyaknya game yang bermunculan di smartphone saat ini membuat kita ingin menjajal semuanya. Sayangnya, game-game yang tersedia membutuhkan spesifikasi yang mumpuni, sebut saja Genshin Impact. Game open world RPG buatan Hoyoverse ini menawarkan grafik yang memanjakan mata dan perpaduan warna yang begitu indah layaknya bermain game sejenis di konsol maupun PC. Oleh karena itu, dibutuhkan perangkat yang mumpuni agar bisa bermain dengan lancar. ROG Phone 6 menjadi jawaban atas segala masalah tersebut.

Secara umum ASUS ROG Phone 6 memiliki performa yang sangat "buas". Bagaimana tidak smartphone yang banyak digemari gamer di Indonesia ini memiliki amunisi yang wah untuk memuaskan penggunanya. Dimulai dari prosesor Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang luar biasa, All New 360 CPU Cooling Technology yang bikin hp dingin meski bermain terus-menerus, layar 165Hz untuk visualisasi yang memanjakan mata, dan baterai dengan kapasitas 6000maH yang bikin gaming lebih lama dan bisa dilakukan di mana saja. 

Tak sampai disitu saja, masih banyak fitur dan aksesoris yang membuat pemakaian ASUS ROG Phone 6 menjadi lebih mengasyikan. Penasaran apa saja? Yuk simak bareng-bareng!

Tampilan dan Desain yang Futuristik

ROG Phone 6


ASUS ROG Phone 6 standar memiliki dua varian warna, yaitu Storm White dan Phantom Black. Sedangkan ROG Phone 6 Pro hanya menyeiakan satu warna tunggal Storm White. Meski begitu desain yang ditawarkan sangatlah eye catching dan memiliki kesan futuristik, tak lupa juga pada bagian belakangnya memiliki pencahayaan Aura RGB yang sangat keren.

Adanya Aura RGB pada ROG Phone 6 ini membuat pengguna bisa mengatur beberapa paduan warna pada logo dot-matrix ROG Fearless Eye. dengan memberikan tampilan gradasi dari dua warna yang berbeda secara bersamaan. Selain itu bisa memilih beberapa skema pencahayaan yang sesuai dengan suasana hati pengguna. Hal tersebut memungkinkan pengguna bisa melakukan eksperima hingga 16,77 juta kombinasi warna. 

Kualitas Layar yang Sudah Berevolusi

ASUS ROG Phone 6


ASUS ROG Phone 6 Series menggunakan layar AMOLED seluas 6,78 inci dari Samsung dan disetel sendiri oleh ROG menyesuaikan kenyamanan pengguna membuat tampilang menjadi lebih halus dan nyaman dilihat.  Dilengkapi juga dengan refresh rate 165 Hz dan touch-sampling rate hingga 720 Hz yang mengurangi kemungkinan sentuhan tidak disengaja, sehingga membuat pengalaman bermain game menjadi lebih mulus.

Tak sampai disitu saja ROG Phone 6 dilidungi oleh Corning® Gorilla® Glass Victus yang sangat kuat dan tidak mudah retak. Jika kalian khawatir ketika menatap layar lama membuat mata menjadi lelah, tenang saja teknologi Eye Care Display akan melindungi mata kalian sehingga tidak akan mengganggu jalannya permainan. 

Performa Mesin Tiada Tanding

ROG Phone 6


Dibanding pendahuluanya, ROG Phone 6 kini dilengkapi dengan prosesor terbaru yakni Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform dan GPU Adreno 730. Hal tersebut membuat kinerja CPU lebih baik hingga 15 persen dan efisiensi daya pada CPU meningkat hingga 20 persen. Bottleneck pun bukan menjadi masalah utama karena pada seri ini diperkuat dengan RAM LPDDR5 hingga 18GB dan penyimpanan SSD UFS3,1 hingga 512 GB.

Armory Crate yang menjadi aplikasi andalan pada ROG bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengontrol kinerja dan penyetelan dari game yang diinginkan. Oleh karena itu, pengguna akan diberi kebebasan untuk mengatur kekuatan CPU yang keren ini untuk menyelesaikan tugas yang sedang dikerjakan. Adanya peningkatan yang luar biasa tersebut membuat pengalaman gaming menggunakan ROG Phone 6 semakin asyik. Game-game berat seperi Honkai Impact 3, Genshin Impact, dan APEX Legend akan bisa dimainkan tanpa gangguan sedikitpun!

Cooling System yang Bikin Dingin Hingga Jadi Merinding

ASUS ROG Phone 6


Tentunya dibalik performa yang hebat pasti panas yang ditimbulkan oleh prosesor tidak kalah hebat juga. Maka dari itu dibutuhkan sistem yang bisa membantu mendinginkan tidak hanya prosesor saja, tetapi seluruh komponen yang ada pada smartphone. ROG Phone 6 menjawab masalah ini dengan menghadirkan GameCool 6 Cooling System yang lebih canggih dari generasi sebelumnya. Sistem ini dirancang untuk proses pembuangan panas yang lebih efisen dengan bantuan All New 360° CPU Cooling Technology yang telah didesain ulang lalu difokuskan pada tata letak dual-PCB yang berada di tengah. Dengan teknologi ini celah udara di antara dua PCB terseut diisi dengan senyawa termal khusus yang membuat kinerja pendinginan meningkat hingga 10°C.

AeroActive Cooler 6, Bikin ROG Phone 6 Kamu Makin Dingin Sedingin Es

Cooler ASUS ROG Phone 6


AeroActive Cooler 6 menjadi salah satu aksesoris untuk mengoptimalkan pembuangan panas pada ROG Phone 6. Dibekali Thermoelectric AI Cooling System dengan basis chip pendingin Peltier pembuangan panas akan dioptimalkan mengikuti temperatur pada CPU. Cukup dengan sambungan USB-C teknologi ini akan menurunkan temperature permukaan sekitar CPU sampai 25°C. Sehingga pengguna tidak akan terganggu saat bermain tanpa merasakan panas berlebihan pada bagian body smartphone. Aksesoris ini bekerja dengan menggunakan daya dari baterai smartphone. Oleh karena itu, pendingin akan memilih modenya pendinginan yang optimal tergantung pada suhu CPU. Misalnya, ketika bermain game dengan loading berat, Cooler akan mengaktifkan proses pendinginan pada chip untuk pendinginan yang lebih baik.

Daya Batre yang Wah dengan Desain Unik

Dual batre ASUS ROG Phone 6


ROG Phone 6 memiliki baterai dengan kapasitas 6000 mAh, tetapi menariknya adalah pada smartphone satu ini terdiri dari dua baterai yang masing-masing berkapasitas 3000 mAh. Desain seperti ini memberikan manfaat seperi menurunkan suhu saat pengisian daya dan mengisi daya lebih cepat. Adanya dua baterai tersebut menciptakan keseimbangan berat yang sesuai dan bisa menaruh motherboard pada bagian tengah smartphone. Selain itu ROG Phone 6 memungkinkan pengisian daya dari 0 - 100% dalam waktu 42 menit (lebih cepat 10 menit dari ROG Phone 5).

Audio yang Memanjakan Telinga

ROG Phone 6


Pengaturan sound pada ROG Phone 6 ditingkatkan dengan pengaturan speaker yang canggih dan penyetelan yang sangat luar biasa oleh Dirac. Ditambah adanya speaker ganda yang simetris memberikan efek suara stereo yang benar-benar seimbang. Tidak lupa juga jack headphone 3,5 mm di posisi yang nyaman sehingga membuat pengalaman bermain menjadi lebih manyan. Selain kualitas suaranya yang premium, ada GameFX yang memungkinkan pengguna untuk mengatur equalizer untuk skenario yang berbeda seperti game, musik, atau bioskop, sehinga efek suara yang dihasilkan semakin jernih dan amat sangat memanjakan telinga. 

Kendali Kontrol Penuh dengan AirTrigger 6

sensor ROG Phone 6


Gaming terasa menyenangkan ketika memiliki kendali penuh pada kontrol sehingga bisa melakukan apa saja sesuai yang diinginkan. Apalagi jika bermain game seperti Mobile Legend dan APEX Legend, di mana kedua game tersebut membutuhkan reflek yang cepat sehingga membutuhkan sensitivitas yang bagus agar bisa bermain sesuai yang diinginkan. ROG Phone 6 Series memberi jawaban atas keinginan tersebut dengan membuat teknologi AirTrigger 6 yang menawarkan sensitivitas lebih baik dan lebih banyak kontrol yang bisa digerakan. Teknologi ini memiliki 14 titik sentuh pada layar (menjadi 18 dengan tambahan 4 tombol jika AeroActive Cooler 6 dipasang). Hebatnya lagi, AirTrigger 6 bisa digunakan di luar kegiatan gaming sehingga ketika smartphone dalam mode porttrait banyak yang bisa dilakukan dengan teknologi ini.

Karena AirTrigger memiliki dua tombol ultrasonic di bagian kanan dan kiri, pengguna bisa memetakan tindakan yang berbeda sesuai kenyamanan masing-masing mulai dari tap, slide, hingga swipe. Tak lupa juga opsi giroskop bisa digunakan untuk membidik ketika bermain game FPS atau mengontrol sudut pandang. Caranya cukup mudah dengan menekan dan tahan tombol ultrasonic kemudian pengguna bisa langsung menggunakannya dengan menggerakan smartphone.

Kamera di Ponsel Gaming Jelek? Siapa Bilang!

kamera asus rog phone 6


Sudah menjadi rahasia umum bahwa ponsel gaming pasti memiliki kamera dengan kualitas di bawah standar karena bukan pertimbangan utama para gamer ketika memilih ponsel. Akan tetapi, ROG Phone 6 Series memberanikan diri memberika kualitas kamera terbaik yang pernah ada. Tiga buah kamera belakang dengan kamera utamanya menggunakan sensor SONY IMX766 50 MP, kamera kedua beresolusi 13 MP ultrawide, dan kamera ketiga adalah kamera makro 5 MP.  Dari spesifikasi yang diberikan secara umum saja sudah terlihat bahwa ROG sangat memperhatikan kualitas kamera yang digunakan agar bisa dinikmati semua pengguna yang tidak hanya fokus pada gamer. Adapun kamera depan dengan resolusi 12 MP yang bisa merekam group selfie dalam kualitas tinggi dan video streaming secara langsung. 

Kunai 3 Gamepad,  Membuat Gaming Terasa Bermain di Konsol atau Konsol Portabel

Kunai 3 gamepad ROG Phone 6


Tak lengkap rasanya gaming di ROG Phone Series tanpa menggunakan Kunai Gamepad, salah satu aksesoris yang sangat ciamik dan membuat bermain game menjadi lebih asyik. Seri ketiga dari Kunai Gamepad memiliki tiga mode yang bisa digunakan yaitu Handhled Mode, All-in-one Mode, dan Mobility Mode. Fitur yang ditawarkan Kunai 3 Gamepad juga tak kalah menarik seperti analog trigger yang membuat kontrol sangat presisi tergantu seberapa dalam menekannya, ALPS pada joystick yang memberikan kontrol pada sudut pandang yang presisi, dan tombol pada bagian belakang gamepad untuk memberikan lebih banyak opsi kontrol yang bisa digunakan.


Bagaimana? Keren bukan? Apakah kalian jadi ingin memilikinya? Pastinya dong, bagaimana tidak fitur dan keunggulan yang ditawarkan bukan kaleng-kaleng dan gak akan nyesel deh pokoknya.

Terus gimana cara mesennya? Tenang, buat kalian yang mau beli ROG Phone 6 PRO, kalian juga udah mulai bisa pre-order di tanggal 24 Oktober - 10 November 2022. Untuk pemesanan awal ini, kalian akan mendapatkan banyak promo menarik antara lain Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp.2.000.000. Untuk ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia. Info selengkapnya kamu bisa cek disini ya : https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/

Nah, kalau buat ROG Phone 6 sekarang udah tersedia di partner-partner penjualan ROG Phone 6 yang bisa kalian dapetin langsung di Erafone,Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan JD.ID langsung dengan harga Rp 10,999,000 untuk variant 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000. So, tunggu apalagi buruan beli sebelum kehabisan!

Ayo dibelii sebelum menyesal, supaya kalian lebih siap mengalahkan musuh dan mejadi nomor satu!



Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 6 Blog Writing Competition di Blog Katerina Travelerien

1 komentar

  1. Gokil lengkap banget ini penjelasannyaa, risetnya asoy ga wkwkwkwk semoga berhasil, yaaakk!

    BalasHapus