ODOP Blogger Squad, Tempatnya Belajar Ngeblog!

ODOP Blogger Squad atau biasa disebut OBS adalah salah satu kelas yang ditawarkan ODOP bagi para anggota yang ingin mempelajari seluk beluk dalam menulis di blog. Tentu saja jika ingin berkecimpung di dunia blog tidak bisa hanya mengandalkan artikel yang bagus saja, tetapi ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar artikel yang kita tulis bisa dikenal banyak orang.  

Contohnya adalah ketika menulis artikel tentang cara memasak mie instan, ketika kita ketik kalimat tersebut pada mesin pencari maka hasilnya akan banyak artikel yang membahas hal tersebut. Syukur-syukur artikel kita masuk ke dalam hasil pencarian tersebut, kalau tidak? Mau gimana kita bisa dikenal orang-orang?

Maka dari itu OBS menjadi salah satu kelas yang cocok bagi kamu-kamu yang ingin bergelut di dunia blog, tetapi tidak tahu harus memulai dari mana. Eitss, tapi tenang aja untuk ikut kelas ini tidak dipungut biaya sepeserpun, semakin menarik bukan? Tentunya kalau ingin menjadi bagian dari OBS harus menjadi anggota ODOP dahulu. Tunggu saja tahun depan, akan ada oprecnya kok.

Belajar apa aja di OBS?

Ketika pertama kali mengikuti kelas ini kupikir di sini akan belajar bagaimana cara menulis yang baik dan benar tetapi juga bisa menarik perhatian. Kok gitu? Yaaa, kelemahan utamaku adalah menulis terutama mengungkapkan apa yang kurasakan melalui kata-kata tuh jelek bangeeett seperti anak SD yang baru belajar bikin cerita. Saat baca ulang tulisan sendiri saja rasanya menangis dan ketawa disaat bersamaan karena ya lucu aja gitu bacanya. Tidak seperti kebanyakan ornag yang tulisannya tuh bagus-bagus banget.

Nyatanya, di OBS (saat ini) kita belajar seputar tools yang bisa mengoptimalkan tulisan kita sedemikian rupa sehingga akan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Tak hanya disitu saja, di sana mempelajari tools-tools yang bisa digunakan untuk memantau perkembangan blog secara keseluruhan sampai artikel yang ada pada blog. Contoh tools yang digunakan adala Google Search Console dan Google Analytics. Wahh, ternyata sedetail itu ya untuk menjadi blogger.

Dengan bantuan tools yang ada setidaknya kita bisa tahu kira-kira topik apa yang berpotensi menjadi daya tarik bagi para pembaca. Akan tetapi, ada satu hal yang harus diperhatikan dan ini memiliki peran besar untuk membuat blog kita terkenal, yaitu SEO (Search Engine Oprimization). SEO ini berperan sebagai alat yang mendeteksi apakah artikel kita masuk ke dalam mesin pencari atau tidak. Banyak hal yang harus diperhatikan agar artikel yang ditulis "ramah" dengan SEO seperti penggunaan heading, optimasi gambar, sampai penggunaan keyword yang menarik. 

Tak sampai disitu saja, OBS juga memberikan materi seputar tips dan trik dalam dunia blogging. Mulai dari menentukan keyword (kata kunci), menyusun tulisan yang memenuhi kaidah AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action), sampai tips memenangkan lomba. Loh, ada juga ya lomba untuk para blogger? Tentu saja ada dong dan juga hadiah yang ditawarkan juga gak kalah menarik lho serta ga kaleng-kaleng pastinya. 

Rasanya tak cukup ya jika kita belajar tetapi tidak diberikan tugas sama sekali, kadang susah banget untuk nempel materinya di otak. Nah, setiap materi yang diberikan oleh kakak-kakak penanggung jawab biasanya diberikan tugas untuk menulis artikel yang membahas tentang materi yang dipelajari. Menarik sih, karena tugas tersebut bisa digunakan untuk mereview materi yang sudah dipelajari dan tenggat waktu yang diberikan pun sangat cepat sekali sehingga harus dikerjakan dengan sat set sat set.

Satu hal yang harus diingat, karena kelas ini gratis maka ada beberapa peraturan yang harus ditaati, karena jika melakukan beberapa pelanggaranb akibatnya akan dikeluarkan dari kelas tersebut dan kalau ingin mengikuti kelas lagi harus menunggu paling tidak satu tahun agar kelasnya dibuka lagi. Menurutku bagus sih, karena ilmu yang diberikan bisa didapat secara cuma-cuma sehingga harus ada ancaman agar tidak mudah menyepelekan kelas ini. Mau tau aturannya apa aja? Masuk dulu ke OBS nanti juga tahu sendiri koo hehe.

Orang-orang di balik layar OBS 

Dibalik materi yang diberikan cukup keren, tentu saja dipersiapkan oleh kakak-kakak penanggung jawab yang sangat jago seputar blogging. OBS sendiri memiliki 5 orang sebagai penanggung jawabnya dengan Karunia S. Sambas sebagai koordinator yang ditemani oleh Jihan Mawaddah, Nimas Achsani, Jihan Mayzura dan Setya Romana.

Karunia S. Samba

Salah satu kakak PJ yang kalem yang membuatku bingung bagaimana cara mendeskripsikannya, karena ya memang aku jarang interaksi juga sehingga jadi bingung sendiri kalau mau ajak diskusi. Cukup kagum dengannya karena sudah mempersiapkan materi yang simple tetapi mudah dipahami, sehingga untuk orang awam sepertiku bisa mengikuti materi dengan baik. 

Setya Romana

Another kakak PJ yang kalem dan jarang berinteraksi denganku sehingga lagi-lagi aku bingung harus bercerita apa (maapkan). Akan tetapi, info yang kudengar bahwa kakak yang satu ini sudah join ODOP sejak lama. Waw, bisa dibilang veteran lah yaa. Aku saja angkatan 10 masuk ODOP, sedangkan Kak Tya angkatan keempat bisa dibayangkan bukan betapa jauhnya? Hehehe

Selain itu, Kak Tya pernah menjadi jurnalis ketika SMK lho. Bukan kaleng-kaleng memang kakak satu ini, aku yang tahu informasi ini saja sampai insecure sendiri kayaknya saat umur segitu aku masih haha hihi deh di sekolah. Oleh karena itu, sudah tidak diragukan lagi yah ya kemampuan menulisnya, pasti top markotop.

Jihan Mawadah

Salah satu blogger keren menurutku dan mungkin akan aku jadikan role model dalam menulis blog. Selain itu, Kak Jihan ini sudah banyak memenangkan berbagai perlombaan sehingga tidak diragukan lagi kualitasnya. Terlebih saat ini sudah memiliki banyak sekali blog yang membuatku geleng-geleng kepala merasa heran bagaiman bisa menghandle semua blog yang ada, aku aja ngurus satu blog sudah kewalahan,

Selain menjadi PJ di kelas ODOP Blogger Squad, Kak Jihan sebagai ketua juga lho untuk komunitas ODOP di tahun ini. Meski begitu, Kak Jihan ini orangnya asyik diajak ngobrol dan diskusi sehingga siapapun bisa membaur dengannya.

Jihan Mayzura

Orang yang kukira awalnya sama dengan Ka Jihan, soalnya di grup WhatsApp itu menggunakan username "Jihan" jadinya aku berpikir kalau itu adalah nomor Ka Jihan yang lainnya. Eh ternyata beda orang dan itu cukup menggemparkan seisi grup, rasanya seperti kena prank hahaha. Jujur sebelum tau hal itu, aku masih berpikir itu nomor Ka Jihan yang satu lagi soalnya benar-benar muncul ketika nomor Ka Jihan yang biasanya muncul sedang tidak aktif. 

Nimas Achsani

Salah satu PJ yang sudah kukenal ketika oprec ODOP, kebetulan Kak Nimas menjadi PJ juga saat itu sehingga sedikit banyak tahu dan sering berinteraksi dengan beliau. Akan tetapi, jntuk kakak yang satu ini jujur mengingatkanku sama guru BK waktu SMA, kalau udah muncul rasanya jadi segan gitu takut salah ketik hahahaha. Meski begitu, sebenernya asyik banget orangnya untuk diajak bercanda dan diskusi, banyak juga ilmu yang bisa kudapat dari Kak Nimas. 

Sama seperti Kak Jihan M, Kak Nimas punya segudang prestasi dalam lomba menulis. Gak heran sih, setiap aku baca tulisannya bener-bener mengalir banget dan bikin lupa waktu saking asik baca artikelny. Bahkan lomba yang terakhir diikuti saja berbuah hasil dengan mengdapatkan hadiah TV LCD, keren gak tuh.

Kurang lebih seperti itulah kehebatan kakak-kakak PJ di ODOP Blogger Squad, meski tidak bisa kujelaskan semuanya tetapi semuanya keren-keren kok dan kalian ga akan nyesel masuk kelas ini. Bener-bener banyak banget ilmu yang bisa diambil meskipun kita belum tahu apa-apa dan jangan minder meski kalian baru memulai ngeblog.

Gimana penjelasan soal OBS tadi? Menarik kan? Mau ikutan? Yuk masuk ODOP dan jadi bagian dari ODOP Blogger Squad! Aku tunggu ya!

Posting Komentar