Aplikasi Memudahkan Mempelajari Al-Qur'an

Al-Qur'an


Al-Qur'an adalah kitab suci utama dalam agama Islam, sehingga menjadi pedoman umat Muslim hingga akhir zaman, penyempurna kitab-kitab suci sebelumnya, dan sumber pokok ajaran agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Salallahu waalaihi wassalam. Oleh karena itu, kita sebagai umat Muslim harus selalu membaca setiap saat agar hidup menjadi lebih berkah.

Kegiatan membaca Al-Qur'an bisa dilakukan di manapun dan kapanpun, akan tetapi ada kondisi di mana ketika kita tidak bisa membaca Al-Qur'an. Misalnya ketika kita sedang berpergian jauh dan lupa membawa Al-Qur'an sehingga tidak bisa membaca, sangat menyedihkan bukan? Atau ketika kita ingin mempelajari cara membaca yang baik dan benar tetapi tidak tahu ada hukum bacaan apa saja yang ada serta tidak tahu cara membacanya.

Di zaman yang semakin modern ini banyak sekali inovasi-inovasi yang memudahkan kita untuk melakukan kegiatan yang dulunya susah, salah satunya adalah membaca Al-Qur'an. Dahulu kita membutuhkan Al-Qur'an dalam bentuk buku untuk membacanya, saat ini banyak sekali aplikasi di smartphone yang menyediakan fitur membaca Al-Qur'an atau istilah kerennya Al-Qur'an dalam bentuk e-book alias buku elektronik. Hal tersebut memudahkan kita untuk membaca di manapun dan kapanpun, menarik bukan?

Akan tetapi banyak sekali pilihan aplikasi yang menawarkan fitur seperti itu dan setiap aplikasi yang ada memiliki kelebihannya masing-masing. Dari banyaknya aplikasi, ada satu aplikasi yang sangat kurekomendasikan karena memberikan pengalaman membaca Al-Qur'an yang menarik bagi siapapun sekalipun yang baru mulai mempelajarinya. Aplikasi itu bernama Al-Qur'an (Tafsir & by Word).

Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur yang menurutku menarik, salah satunya adalah tersedianya tafsir untuk setiap ayat dan tafsirnya itu sendiri pun terdiri dari beberapa sumber. Oleh karena itu, akan memudahkan kita untuk memahami maksud dari ayat tersebut diturunkan.

Fitur apa aja sih yang disediakan aplikasi satu ini? Yuk kita bahas bareng-bareng!

Adanya terjemahan per kalimat dan per kata

terjemahan al-qur'an


Tidak semua orang menguasai Bahasa Arab termasuk aku sendiri, karena itulah ketika membaca Al-Quran terkadang tidak paham apa yang diceritakan pada ayat tersebut. Adanya terjemahan membantu para pembaca untuk memahami apa yang dijelaskan atau diceritakan pada ayat tersebut, sehingga memudahkan untuk dipahami. Aplikasi ini menyediakan pilihan terjemahan ayat per ayat dan kata per kata. Akan tetapi, perlu diingat ketika kita menggunakan opsi terjemahan kata per kata dan mencoba membaca kata demi kata tersebut menjadi sebuah kalimat tak jarang akan terdengar aneh.

Ada banyak pilihan terjemahan bahasa yang bisa kita pilih mulai dari Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, sampai Bahasa Jepang pun ada! Bisa dibilang lengkap banget terjemahan yang ada, sehingga memudahkan kita untuk memahami Al-Quran lebih dalam.

Memudahkan cara membaca yang baik dan benar dengan hukum tajwid yang disesuaikan dengan warna

hukum tajwid bacaan


Ilmu Tajwid adalah ilmu yang mempelajari cara membaca Al-Qur’an secara baik dan benar. Maksudnya adalah membaguskan bacaan-bacaan satu persatu dengan terang, teratur, perlahan, dan tidak terburu-buru. Dengan mempelajarinya maka bacaan Al-Qur’an kita akan semakin merdu untuk didengarkan. Perlu diketahui juga jika salah cara membacanya menyebabkan artinya bisa berbeda lho, serem kan?

Secara umum hukum tajwid ada 11, tetapi pada aplikasi ini hanya tersedia 7 hukum saja. Akan tetapi, tenang saja setiap hukum tajwid yang ada pada setiap ayat akan diberikan warna berbeda sehingga ada 7 warna yang akan memudahkan kita untuk memahami hukum tajwid yang ada.

Fitur Rencana yang membuat membaca Al-Qur’an tetap on track

Planning membaca Al-Qur'an


Bagiku membiasakan diri membaca Al-Qur’an sungguh berat di awal, karena padatnya aktifitas sehari-hari sungguh melelahkan sehingga ingin langsung istirahat saja ketika sampai di rumah. Akibatnya, Al-Quran sering diabaikan dan tidak pernah dibaca sama sekali. Padahal, sudah menjadi kewajiban umat Muslim untuk selalu membacanya. Fitur Rencana membantu kita untuk tetap konsisten membaca Al-Qur’an di mana kita bisa menentukan berapa banyak ayat yang ingin dibaca. Selain itu, kita bisa menentukan berapa lama rencana ini di jalankan. Nantinya, aplikasi akan menargetkan berapa banyak ayat yang harus dibaca dalam sehari.

Untuk pertama kali penggunaan bisa dimulai dari membaca sebanyak satu juz dalam waktu satu bulan. Jika berhasil diganti menjadi satu juz dalam waktu dua minggu. Fitur ini benar-benar membantu kita untuk membiasakan diri membaca Al-Qur’an. Harapannya adalah ketika berhenti menggunakan fitur ini, pengguna terbiasa membaca Al-Qur’an setiap harinya.

Fitur tafsir yang memudahkan pembaca memahami makna ayat per ayat

tafsir ayat Al-Quran


Terjemahan memang membantu memahami apa yang diceritakan pada ayat atau surat tersebut. Akan tetapi, tidak sepenuhnya kita bisa memahami apa yang dijelaskan dari terjemahan tersebut. Oleh karena itu Al-Qur'an (Tafsir & by Word) menyediakan fitur tafsir. Fitur ini menyediakan tafsir dari beberapa ulama. Misalnya tafsir dari Bahasa Indonesia ada yang berasal dari Jalalayn, Ibn Kathir, dan Kemenag RI.

Banyaknya sumber tafsir membuat memahami makna setiap ayat semakin menarik, karena menurutku setiap sumber yang ada itu saling melengkapi satu sama lain sehingga akan membuat ilmu kita menjadi bertambah.

Daily Ayah, fitur seperti Ayat of the Day

Ayat Al-Qur'an


Al-Qur'an (Tafsir & by Word) menyediakan fitur menampilkan satu ayat satu hari yang dipilih secara acak. Aplikasi ini menampilkan terjemahan dari ayat yang terpilih saat itu. Meskipun fitur ini terlihat sepele, tetapi ini sangat berguna sebagai reminder yang sangat bermanfaat untuk kita, karena kita tahu Al-Qur’an diturunkan bukan tanpa alasan melainkan sebagai pedoman hidup umat Muslim di dunia.

Al-Qur'an (Tafsir & by Word) sangat membantu bagi pengguna yang ingin membaca Al-Qur’an dengan fitur lengkap seperti terjemahan, tafsir, dan hukum tajwid. Adanya fitur seperti ini sangat berguna untuk siapapun baik yang baru memulai mempelajari maupun yang ingin mendalami Al-Qur’an. Meski begitu, ketika menggunakan aplikasi ini sebisa mungkin harus fokus karena kita tahu sendiri ketika smartphone sudah di tangan saat ada notif berdatang rasanya ingin membukanya dan membuat lupa waktu sehingga waktu terbuang sia-sia. Jadi, harus tetapp fokus ya agar bermanfaat dan mendapatkan berkah.

Posting Komentar