Realme 5 Pro, Bagaimana Kabarmu Sekarang?

realme 5 pro

Realme 5 pro, smartphone generasi kelima dari realme yang dikeluarkan pada bulan September 2019 dan bisa dibilang sebagai salah satu seri yang memiliki beberapa peningkatan dari pendahulunya, yaitu Realme 3 Pro. Desainnya yang menarik bagaikan berlian, juga memiliki pilihan warna yang sangat memanjakan mata. 
Aku sendiri sudah menggunakan smartphone ini kurang lebih sudah 3 tahun. Ya, saat smartphone ini rilis aku pun langsung membelinya dengan harga kurang lebih Rp 3.000.000, - (untuk varian RAM 4 GB dengan memori sebesar 128 GB) karena menurutku smartphone ini bagus pada saat itu. Selain itu, fitur yang ditawarkan juga sudah lebih dari cukup mulai dari penggunaan sehari-hari hingga pemakaian gaming.

Lalu, apakah untuk saat ini realme 5 pro masih layak dibeli dan digunakan? Biar gak bingung, akan aku coba review beberapa hal yang mungkin saja bisa menjadi pertimbangan teman-teman yang lagi mencari smartphone baru. 

Desain Kristal Terbaru dengan Warna Holografik Nanometer

 
realme 5 pro


Sebuah perbaruan dari desain sebelumnya, Realme 5 Pro kini hadir dengan desain kristal klasik yang sudah dipoles sebanyak 133 kali sehingga memiliki tekstur pemotongan dengan warna holografik nano meter. Karena sudah dipoles itu, seri ini memiliki sinar dalam pantulan pada setiap sudutnya sehingga terlihat elegan.

Realme 5 pro hadir dengan dua warna, yaitu Crystall Green dan Sparkling Blue. Kalau kalian suka warna terang dan mengkilap maka warna Crystall Green menjadi pilihan yang pas. Akan tetapi, jika senang dengan perpaduan warna gelap dan terang yang seimbang maka Sparkling Blue menjadi jawaban yang sangat pas. 

Body Build dari Plastik yang Tahan Percikan Air


Sama dengan pendahulunya, realme 5 pro memiliki body berbahan baku plastik untuk bagian belakang dan frame. Untuk bagian layar depan dibuat dengan menggunakan Gorilla Class 3+. Dengan bahan plastik ini yang membuat desainnya terlihat mengkilap ketika terkena pantulan cahaya.

Tak sampai di situ saja, meski melihat bahannya membuat kita tidak yakin tapi tenang saja realme 5 pro memiliki desain yang tahan percikan air. Segel pada bagian pinggir smartphone dibuat kedap air dan udara untuk melindungi bagian dalam dan luar komponen termasuk layar, bagian belakang smartphone, dan tombol-tombol seperti volume dan power. Jadi, ketika kena percikan air tidak usah panik ya. Akan tetapi, perlu diingat jika terkena air hujan yang cukup deras tidak bisa menjadi smartphone ini bisa menahannya. 

Layar Berukuran Besar Bikin Puas


Layar berukuran 6,3 inci pada realme 5 pro memberikan kepuasan untuk penggunanya ketika menonton video atau bermain game. Memiliki rasio layar sebesar 83,6% memberikan pengalaman yang nyaman dan tidak akan membuat mata lelah karena bisa melihat apa yang ada di layar dengan jelas. Resolusi yang ditawarkan sebesar 1080 x 2340 dengan perlindungan layar Corning Gorilla Glass 3+ sehingga bisa melindungi layar dari goresan. Sayangnya layar yang digunakan pada realme 5 pro masih berupa IPS LCD, sehingga kadang sering menemukan gambar yang kurang jernih. Jika sudah menggunakan layar AMOLED kelihatannya akan menarik sekali. 

Performa Kencang dengan Kehadiran Snapdragon 712 AIE

Berbeda dengan pendahulunya realme 3 pro yang menggunakan Snapdragon 710 AIE, realme 5 pro saat sudah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 712 AIE (10 nm) yang membuat peningkatan performa sebear 10%. Memiliki arsitektur pengolahan grafik terbaru membuat efisiensi energi meningkatkan sampai dengan 35%.

Apakah dengan chipset tersebut bisa memainkan game yang lumayan berat seperti Genshin Impact, APEX Legend, dan Honkai Impact 3rd? Sebenarnya bisa saja sih, cuma akan memaksa kinerja pada realme 5 pro sehingga akan cepat panas jika bermain cukup lama. Saranku jika ingin memainkan game seperti itu atur semua grafik ke paling rendah termasuk dengan pengaturan FPS-nya, dengan begitu kalian bisa memainkan game-game tersebut tanpa masalah dan masih bisa menikmati grafik yang cukup memanjakan mata. 

Baterai Berkapasitas "Badak"

Tentunya jika kita senang bermain game di smartphone pasti membutuhkan baterai dengan kapasitas cukup besar. Realme 5 pro menjawab pertanyaan ini dengan menyediakan baterai dengan kapasitas sebesar 4035 mAh. Butuh waktu sekitar 2 sampai 2,5 jam untuk batre sampai benar-benar habis jika digunakan untuk kegiatan gaming. Untuk pemakaian normal tanpa bermain game smartphone yang satu ini bisa tahan hingga 24 jam lho (berdasarkan pengalaman pribadi), jadi ketika pergi ke mana-mana tidak perlu khawatir jika baterai akan cepat habis. 

Realme 5 pro juga dilengkapi dengan pengisian daya super cepat 20 W dan hanya membutuhkan waktu sebanyak 98 menit untuk mengisi daya dari 0% hingga 100%. Hal tersebut juga disebabkan sudah dilengkapi dengan USB Type C 2.0 sehingga kecepatan mengisi daya menjadi lebih cepat. Selain itu, pengisian daya bisa dilakukan ketika sedang bermain game. Selama satu jam bermain game, baterai akan terisi sebanyak 43% membuatnya 4 kali lebih cepat dari pengisian daya biasa. Akan tetapi, aku tidak menyarankan ini karena bisa menyebabkan umur baterai cepat berkurang. 

Kualitas Kamera yang Bukan Kaleng-Kaleng

kamera realme 5 pro


Aku cukup kaget dengan kualitas kamera yang ditawarkan oleh realme 5 Pro ini. Bagaimana tidak, smartphone satu ini memiliki 4 buah kamera belakang dan 1 kamera depan. Adapun empat kamera belakang ini terdiri dari lensa 48 MP yang dilengkapi dengan sensor dari Sony IMX586 sehingga menghasilkan gambar yang tajam dan ketika diperbesar terlihat detail serta semua pixel terlihat hidup. Mau foto-foto di malam hari tapi takut hasilnya jelek? Tenang,  realme 5 Pro dapat mengambil foto Nightscape yang indah meskipun dalam kondisi kurang cahaya. Saat kamu mengaktifkan mode Super Nightscape, kamu bisa mendapatkan hasil foto malam yang menakjubkan, dengan bantuan dari multi-frame engine dan HDR.



Selanjutnya kamera berukuran 8 MP dengan lensa Ultra-Wide angle yang memungkinkan hasil tangkapan lebih besar 151%. Tidak lupa juga pada kamera ketiga berukuran 2 MP dengan lensa Ultra Makro 4 cm, sehingga fokus yang dihasilkan begitu detail. Terakhir ada kamera juga berukuran 2 MP, yang digunakan untuk foto portrait dan cocok sekali untuk mengambil gambar pas foto (yang menggunakan background merah atau biru itu). Yang lebih kerennya lagi, kamera belakang bisa menangkap video dengan resolusi 4K, wow hasilnya bagus sekali saat aku mencobanya. Sedangkan kamera bagian depannya beruukuran 16 MP dan memiliki fitur ultra wide juga. Sayangnya, resolusi maksimal video hanya 1080p.


Nah, gimana setelah membaca beberapa review dariku? Apakah teman-teman tertarik? Menurutku realme 5 Pro menjadi pilihan yang cocok sih kalau ingin digunakan sehari-hari dan gaming meski agak sedikit memaksa saat bermain nanti. Hal itu bisa diatasi dengan membeli cooler agar smartphone tetap dingin. Adapun harga terbaru dari smartphone satu ini adalah Rp 2.400.000, - dan bisa dibeli di online shop. Jadi, tunggu apa lagi? Cuss beli smartphone satu ini.


Referensi:
1. realme 5 Pro - realme (Indonesia) (https://www.realme.com/id/realme-5-pro)
2. https://www.gsmarena.com/realme_5_pro-9801.php

3 komentar